SOP Pelayanan di PUSTAKA

PELAYANAN DI RUANG KOLEKSI / STACK

Setiap petugas pelayanan yang berada di stack mempunyai tugas sebagai berikut : a. mencarikan koleksi tercetak yang diminta oleh pengguna dari jajaran koleksi (rak untuk di Lt 3,4,5 C atau lemari koleksi untuk di 2C ) dengan langkah-langkah sebagai berikut : Menunggu tanda dari petugas yang ada di ruang baca melalui telepon yang menunjukkan bahwa formulir permintaan sudah ada di dalam lift buku, Mengambil formulir permintaan dari dalam lift, Mencarikan koleksi sesuai dengan permintaan yang tertera dalam formulir, Apabila koleksinya ditemukan, maka formulir ditinggalkan atau disimpan pada posisi dimana letak buku / majalah berasal. Apbila koleksi tidak ditemukan formulir dikembalikan ke petugas di ruang baca menggunakan lift buku dengan menuliskan keterangan status buku/majalah pada formulir, ”KOLEKSI TIDAK ADA/TIDAK DITEMUKAN.”

Menyimpan kembali koleksi yang sudah selesai digunakan. Langkah-langkah kerja yang harus dilakukan adalah : Mengambil buku atau majalah dari dalam lift buku, Menyimpan kembali (Reshelving) koleksi ke tempatnya semula, Mengeluarkan / menukar formulir dan menggantinya dengan koleksi yang sudah dikembalikan, Memasukan formulir ke dalam map arsip penggunaan koleksi.

Pada saat tidak ada pengembalian dan pencarian koleksi, petugas dapat melakukan pengecekan koleksi yang ada di ruangan ke dalam database. Misalnya di Lantai 2c mengecek kesesuaian koleksi dengan database BUKU dan TEKNOLOGI TEPAT GUNA, sedangkan petugas di lantai 3, 4 dan 5 C mengecek kesesuaian koleksi dengan database MAJALAH. Membantu petugas di ruang koleksi untuk mengecek kebersihan ruangan dan koleksi

PELAYANAN DI RUANG BACA/SIRKULASI DAN REFERENS

Membantu pengguna perpustakaan dengan baik dan sopan, Membantu pengguna dalam menggunakan sarana temu kembali informasi baik elektronis maupun tercetak, Menjawab pertanyaan dari pengguna baik secara langsung atau tidak, Menjelaskan berbagai jasa yang tersedia di PUSTAKA, Memasukkan koleksi yang sudah selesai dibaca ke dalam lift buku, Memberitahukan kepada petugas yang ada di ruang koleksi (stack) akan keberadaan koleksi yang sudah dimasukkan ke dalam lift buku Menempelkan kertas barcode pada koleksi buku yang belum ada nomor barcodenya dan mengentrikannya ke dalam database BUKU. Mencatat koleksi yang sudah dibaca pengguna menggunakan aplikasi perpustakaan yang sudah ada (pakai barcode).

PELAYANAN DI RUANG CD-ROM

Layanan yang dilakukan di ruang B1 khusunya ruang CD-ROM adalah layanan untuk ruang operation room dan ruang cd-rom dan internet. Operation room merupakan ruang layanan elektronis khusus untuk peneliti lingkup Badan Litbang Pertanian atau Departemen Pertanian, sedangkan ruang cd-rom adalah layanan elektronis yang diperuntukkan bagi pengguna umum seperti, mahasiswa, siswa, peneliti di luar Litbang Pertanian dan masyarakat umum.

Layanan yang harus dilakukan adalah :

1. Menanyakan asal lembaga pengguna sehingga dapat mengarahkan pengguna untuk ditempatkan diruang operation room atau ruang CD-ROOM, 2. Kepada pengguna yang memanfaatkan ruang operation room, petugas harus meminta pegguna mengisikan data pemanfaatan ruang operation room (form sudah tersedia) 3. Kepada pengguna yang memanfaatkan ruang CD-ROOM, petugas harus menanyakan akan mencari informasi yang bersumber dari TEEAL, ProQuest, Science Direct, internet, CD-ROM lain atau akan menyewa komputer untuk mengetik,. 4 Apabila akan menggunakan internet, ProQuest dan Science Direct, maka kita berikan form isian penggunaan internet. Pengguna harus mengisikan terutama jam mulai menggunakan internet, Apabila akan menggunakan Science Direct atau ProQuest, maka petugas harus mengisikan user id dan password untuk kedua database tersebut, Setelah selesai menggunakan internet, ProQuest atau Science Direct petugas harus mengisikan jam selesai penggunaan pada form isian, kemudian menghitung berapa besar pengguna harus membayar biaya sewa internet, proquest dan science direct, Kemudian apabila ada yang dicetak / print, dihitung pula jumlah halaman dan besar biayanya, Setelah pengguna membayarnya. Jangan lupa meminta tandatangan pengguna dan kemudian memberikan lembar form pertama untuk pengguna, kedua dan ketiga disimpan untuk arsip administrasi kantor atau diserahkan kepada Ibu Ayi beserta uangnya..

5. Apabila akan menggunakan TEEAL, petugas harus menyiapkan harddisc TEEAL terbitan 2006, Pengguna yang belum terbiasa melakukan penelusuran menggunakan TEEAL, maka petugas harus membantunya, Apabila ada yang perlu dicetak petugas harus memastikan kesiapan kertas dan printer, Setelah selesai menggunakan TEEAL, pengguna dimintakan mengisi form dan petugas menghitungkan berapa biayanya serta menuliskannya di form tersebut. Meminta pengguna untuk menandatagani form dan kemudian memberikan lembar form pertama kepada pengguna, lembar kedua dan ketiga disimpan untuk arsip administrasi kantor dan diserahkan kepada ibu Ayi beserta uangnya.. 6. Seperti pengguna lain, kepada pengguna yang akan menyewa computer untuk mengetik juga diberikan form untuk mengisikan jam mulai menggunakan dan waktu selesainya. Petugas harus menuliskan biaya pada form dan menyerahkan hasil pembayaran dan arsipnya kepada Ibu Ayi.

sop

Penyebaran Informasi Terbaru dan Terseleksi

Kegiatan ini terdiri atas penyiapan bahan yang akan disebarkan, pengemasan informasi, uploading ke web dan penyebaran menggunakan email dan CD-ROM. Informasi terbaru adalah daftar isi majalah ilmiah hasil penelitian 1-2 tahun terakhir, sedangkan informasi terseleksi merupakan hasil penelitian 5 tahun terakhir.

Format data informasi terbaru berupa file daftar isi majalah baru luar negeri yang berasal dari majalah berbentuk tercetak dan daftar bibliografi hasil penelitian terbaru yang diambil dari database Indonesiana.

ibaru

iseleksi

Ditulis oleh Eka Kusmayadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: