Kerjasama antar Perpustakaan

Kerjasama yang akan dilakukan dari hasil pertemuan ini adalah semacam Peminjaman Antar Perpustakaan atau mungkin lebih tepatnya Jasa penyediaan dikumen atau Document Delivery Service. Pengguna boleh meminta melalui perpustakaannya artikel yang dilanggan oleh lembaga lain

image003

Gambar Peserta Kerjasama Perpustakaan

Namun hasil pertemuan tersebut sepertinya belum dapat dipraktekan sehubungan dengan adanya ketidakjelasan boleh tidaknya lembaga induk memberikan ijin untuk boleh memberikan pelayanan kepada lembaga lain dari jurnal-jurnal yang mereka langgan. Selain itu tarif yang akan diterapkan nampaknya akan juga menghambat proses pelayanan itu sendiri, terutama besaran nilai rupiah untuk setiap layanan yang diberikan.
Sebagai ilustrasi di PUSTAKA yang menerapkan tarif penelusuran Rp. 10.000,- untuk 10 rekod pertama dan Rp. 500,- untuk setiap rekod kelebihannya sulit untuk diterapkan. Akhirnya hanya biaya cetaknya saja Rp. 1000,- perhalaman dan Rp. 500,- untuk file hasil download yang dapat dikenakan kepada pengguna. Kalau dibandingkan kepada hasil pembicaraan kerjasama yang menarifkan Rp. 20.000,- untuk 10 rekod pertama diperoleh atau tidak informasinya nampaknya akan menyebabkan pengguna enggan menggunakan layanan kerjasama ini. Kecuali barangkali kalau untuk swasta. Tapi untuk peneliti lingkup Deptan, sepertinya tidak akan laku dagangan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: