IGLOO : untuk meng-online-kan database koleksi perpustakaan

PENDAHULUAN

CDS/ISIS masih banyak digunakan sebagai software untuk mengelola data koleksi perpustakaan. Perubahan dari satu software ke software lain pada perpustakaan tertentu dapat menimbulkan berbagai persoalan baru yang mungkin lebih rumit. Biasanya perubahan software akan berdampak terhadap berlangsungnya kelancaran pelayanan, kesulitan sumberdaya manusia dalam menerima dan membiasakan dengan software baru, tuntutan terhadap spesifikasi peralatan yang biasanya lebih tinggi dan sejumlah masalah lain.  Padahal di satu sisi perpustakaan biasanya sangat sulit untuk mendapatkan alat pengolah data yang terbaru dan tercanggih.

Oleh karena itu, bertahan pada software lama kemudian menjadi pilihan dengan prioritas utama.

Untuk dapat meningkatkan penyebaran informasi tentang koleksi perpustakaan salah satu caranya adalah dengan membuka peluang agar informasi perpustakaan dapat diakses melalui internet.

Pada awalnya database CDS/ISIS memang sulit untuk dapat di-ONLINE-kan. Dengan dibuatkannya IGLOO oleh Wicaksono, maka kemungkinan diONLINEkannya database CDS/ISIS menjadi terwujud, yaitu dengan menggunakan IGLOO.

Pada dasarnya IGLOO adalah PHP. Jadi bagi orang yang sudah mengenal PHP, IGLOO menjadi bukan barang baru. Maka, dengan mudah dan cepat mereka akan dapat beradapasi menyesuaikan dan bahkan mengembangkannya lagi menjadi aplikasi perpustakaan yang lebih kompleks.  Sebagaimana pada SENAYAN.

INSTALL IGLOO

IGLOO mempunyai fungsi sebagai interface atau penghubung antara database CDS/ISIS dengan web. Dengan demikian, database CDS/ISIS dapat dicari atau ditelusur oleh orang lain yang berada terutama diluar ruang perpustakaan, baik melalui intranet maupun internet.

Supaya data koleksi yang ada dalam database CDS/ISIS dapat diakses lewat intranet, maka pada komputer database perpustakaan harus diinstalkan IGLOO. Langkah instalasinya adalah sebagai berikut :

1. Klik 2 x pada tanda gambar XAMPP

2. Biarkan proses instalasi berlanjut sampai selesai

3. Edit menggunakan notepad file php.ini pada folder ProgramFiles/Xampp/Apache/Bin

4. Cari kata EXTENSION = ……….

buat yang baru dengan cara kopi paste, tuliskan

EXTENTION =php-4.3.2_isis.dll

tuliskan lagi di bawah tulisan [syslog] denganisi

[ISIS]

5. simpan dengan SAVE. Keluar dari notepad

6. Copykan file php-4.3.2_isis.dll ke Programfiles/Xampp/Apache/php/extention

7. Copykan folder igloo ke

Programfiles/Xampp/Apache/php/htdoc

PENGECEKAN TERHUBUNG TIDAKNYA ISIS DENGAN IGLOO

Langkah selanjutnya adalah mengetahui apakah setting yang sudah dilakukan sudah berhasil atau tidak. Untuk mengetahuinya, aktifkan internet explorer, pada alamatnya tuliskan LOCALHOST, kemudian enter.

Akan muncul Xampp, lihat ke halaman lebih bawah. Cek apakah tulisan ISIS ada atu tidak. Apabila ada artinya setting igloo berhasil. Apabila tidak ada berarti settingnya gagal.

Apabila ada kegagalan, cek kembali tentang :

1. apakah tulisan [isis] dan extension=php-4.3.2_isis.dll  nya sudah betul atau belum,

2. apakah php.ini yang diedit sudah betul yang ada di Apache/bin?, jangnan-jangan yang di bawah Apache/php,

3. apakah file php-4.3.2_isis.dll nya sudah dikopikan ke folder Apache/extension.

Pada saat edit, pastikan xampp sedang dalam posisi tidak aktif (OFF), karena kalau sedang aktif setiap perubahan pada file php.ini tidak akan terjadi perubahan atau tidak dapat disave. PASTIKAN INI.

UJI COBA WEB/INTRANET

Apabila sudah jalan link tersebut, maka dari internet eksplorer coba pada URLnya ketikan localhost/humas……. disini humas adalah folder igloo yang berada di bawah folder HTDOCS

Apabila keluar tampilan intranetnya, maka instalasi igloo dinyatakan BERHASIL.   Perlu diketahui bahwa setting igloo cukup SEKALI. Selanjutnya yang perlu dibuatkan adalah penambahan-penambahan data pada WINISISnya.  Setiap penambahan baru di ISIS maka dengan otomatis di intranet/internetnya akan tampil data yang baru dientrikan tersebut.

SELAMAT MENCOBA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: