PERANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MENDUKUNG PENELITIAN DAN PENGKAJIAN PADA BPTP JAMBI

Romanti Sitanggang
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi
Jln. Samarinda Paal Lima Kotabaru Jambi Telp.(0741)70525-40174, Fax.(0741)40413

ABSTRAK

Perpustakaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Jambi  adalah perpustakaan khusus yang tugas utamanya menunjang dan mendukung penelitian, pengkajian dan kegiatan lainnya yang ada pada BPTP Jambi sebagai Instansi Induknya. Untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan dengan informasi yang singkat, padat dan akurat dalam waktu yang relatif cepat pada perpustakaan BPTP Jambi telah dibangun perpustakaan digital yang dimanfaatkan oleh Peneliti, Pengkaji, Penyuluh dan Pengguna lainnya yang ada pada BPTP Jambi khususnya dan Pengguna yang membutuhkan informasi pertanian seperti : mahasiswa, pelajar, dosen, dan pengambil kebijakan lainnya pada umumnya. Pelayanan perpustakaan sudah semakin meningkat yang biasanya hanya layanan manual dengan adanya perpustakaan digital sudah ada layanan elektronis dengan informasi yang terbaru yang pasti dibutuhkan oleh Peneliti, Pengkaji, dan Penyuluh dalam kegiatan penelitian dan pengkajian.

Kata Kunci : Perpustakaan Digital; Pengguna Perpustakaan

Pendahuluan

Perpustakaan BPTP Jambi adalah perpustakaan khusus yang tugas utamanya menunjang dan mendukung penelitian, pengkajian dan kegiatan lainnya yang ada pada BPTP Jambi sebagai institusi induknya. Untuk itu koleksi perpustakaan diupayakan adalah sumber informasi yang sesuai dengan pengkajian dan penelitian yang ada dan yang sesuai dengan program Departemen Pertanian. Perpustakaan juga terbuka untuk umum seperti peneliti dari Unit kerja lain yang ada di lingkup Departemen Pertanian, serta seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan informasi pertanian seperti Mahasiswa, Pelajar, Pengusaha, Petani, dan lain-lain.

Pengembangan Perpustakaan

Untuk meningkatkan pelayanan kepada setiap pengguna perpustakaan yang semakin beragam dan kompleks perpustakaan perlu dikembangkan dari perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan digital. Perpustakaan digital (dalam bahasa Inggris digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi sebagian besar dalam bentuk format digital (elektronis) dan dapat diakses melalui komputer jaringan (Maksum, 2008). Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat on-line dan off-line.

Untuk memfasilitasi perpustakaan digital telah diadakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sebagai berikut :

–         1 unit server dengan sistem operasional windows 2003

–         1 unit komputer untuk buku tamu dan penelusuran

–         2 unit komputer untuk penelusuran dan pengolahan

–         1 unit scanner untuk digitasi

–         2 unit printer

–         Serta program telah diinstall dengan baik dan benar

Perpustakan BPTP Jambi juga sudah terkoneksi dengan jaringan internet sehingga akses ke semua jaringan baik on-line maupun off-line telah berjalan dengan baik. Hal ini meningkatkan pelayanan yang semakin cepat, tepat dengan waktu yang relatif singkat. Informasi yang dimiliki adalah informasi tercetak dan elektronis yang terdiri dari:

– Buku/Monograf                      2.621 judul

– Jurnal ilmiah                                60 judul

– Publikasi teknis                      2.010 judul

– Majalah/Surat Kabar                     4 judul

– Koleksi CD                                        24 judul

Sedangkan database atau pangkalan data yang ada memuat informasi tentang :

– Database Buku                                                        1.385 recods

– Database IPTAN                                                       346 recods

– Kumpulan Teknologi Komoditas Duku             37 recods

– Kumpulan Teknologi Komoditas Manggis      69 recods

– Kumpulan Artikel Tanaman Obat                      358 recods

– Kumpulan Artikel Tanaman Hias                       221 recods

– Kumpulan Artikel Ternak                                     410 recods

– Database ofline Proquest dan Science Direct      8 recods

– Komoditas Tepat Guna                                          240 recods

– CD interaktif                                                                  10 recods

Database dan koleksi lainnya diusahakan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti buah yang banyak dibudidayakan  di daerah pertanian seperti : Kabupaten Merangin, Sarolangun, Batanghari, Muara Bungo  dan Muara Jambi adalah buah duku dan manggis.

Pengembangan Sistem Layanan

Perpustakaan sebagai suatu bagian dari Instansi tidak hanya mempunyai tanggung jawab dalam hal penyediaan informasi saja, akan tetapi juga bertanggungjawab terhadap penyebaran informasi kepada masyarakat, tentu tidak terbatas pada pelayanan yang bersifat rutinitas atau cenderung bersifat pasif dengan menunggu pengguna mendatangi perpustakaan, akan tetapi bersifat aktif dengan menyebarkan informasi terbaru, terseleksi, dan lain-lain. Layanan pada perpustakaan BPTP Jambi adalah layanan manual dan elektronis. Layanan elektronis adalah pengguna bisa langsung menelusur ke pangkalan data pada OPAC (Online Public Access Catalog) atau langsung ke jurnal elektronis yang dilanggan oleh PUSTAKA Bogor seperti Proquest dan Science Direct. Jurnal Proqest yang bisa di searching sekitar 235 judul dan jurnal Science Direct sekitar 145 judul dengan informasi dari berbagai sektor siap membantu penelitian dan pengkajian serta kegitan lainnya yang pasti membutuhkan informasi yang terbaru pada khususnya dan semua lapisan masyarakat pada umumnya.

Adapun daftar Jurnal dalam Database Proquest adalah sebagai berikut :

No

Sub Sektor

Jumlah (Judul)

Keterangan

1

Agronomi

5

Full Text

2

Perlindungan Tanaman

6

Full Text

3

Tanah dan Pengairan

14

Full Text

5

Alat dan Mesin Pertanian

6

Full Text

6

Pasca Panen

12

Full Text

7

Biologi

69

Full Text

8

Kehutanan

12

Full Text

9

Perkebunan

4

Full Text

10

Hortikultura

10

Full Text

11

Peternakan

33

Full Text

12

Sosial Ekonomi

40

Full Text

13

Tanaman Pangan

24

Full Text

Pemanfaatan informasi ini semakin terasa dengan antusiasnya para pengguna seperti: Peneliti, Penyuluh, Pengkaji intern ataupun ekstern yang berkunjung dan mengunduh/downlod file koleksi perpustakaan. Bahkan Pengusaha, dan Petani juga kerap berkunjung dan mencari artikel tertentu yang kemungkinan besar informasinya tidak ditemukan di tempat lain. Hal ini juga menjadi kepuasan tersendiri bagi pustakawan yang dapat memenuhi kebutuhan para pengguna/pemustaka dengan informasi yang tepat dan akurat.

Kesimpulan

  1. Layanan perpustakaan dan informasi yang sesuai dengan penelitian dan pengkajian yang ada merupakan tugas perpustakaan baik dengan pengadaan, tukar-menukar informasi ataupun hasil download dari  jurnal elektronis.
  2. Peranan Perpustakaan untuk mendukung penelitian dan pengkajian adalah untuk menyiapkan pustaka acuan baik berupa literatur ataupun hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan judul penelitian ataupun  pengkajian.
  3. Perpustakaan digital pada BPTP Jambi termasuk program baru, untuk itu masih perlu sosialisasi kepada pemustaka.

Bahan Bacaan :

Maksum, 2008. Perencanaan pembangunan perpustakaan digital UK/UPT Departemen Pertanian. Dalam : Pedoman teknis pengelolaan perpustakaan digital Unit Kerja Departemen Pertanian. Bogor : PUSTAKA : p. 1-61.

Heryati Suryantini {et.al}, 2006. Pemanfaatan Jasa Informasi Terseleksi oleh Peneliti. Jurnal Perpustakaan Pertanian. V. 15(1) : 7-10.

Desmita dan Heryati Suryantini, 2005. Karakteristik Individual dan Persepsi Peneliti     terhadap Sumber Daya Perpustakaan dan Hubungannya dengan Pemanfaatan Koleksi. Jurnal Perpustakaan Pertanian. V. 14(1) :1-9.

Ma’rus Firdaus, 2001. Meningkatkan Kinerja Pustakawan dalam Melaksanakan Kegiatan Fungsional. Jurnal Perpustakaan Pertanian. V.10(1) : 1-5.

2 Tanggapan

  1. saya ucapkan selamat atas tulisannya

  2. Salam kenal dengan saya nurhadi dari BPTP Kalimantan barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: