Aplikasi SENAYAN, boleh juga…

Eka Kusmayadi

Teman-teman pernah mendengar nama SENAYAN? yang saya maksud adalah senayan sebagai sebuah aplikasi perpustakaan, bukan senayannya nama tempat di Jakarta.  Walaupun memang cikal bakalnya dari nama tersebut. SENAYAN memang dibuat oleh Tim Perpustakaan Diknas, salah seorangnya Hendro Wicaksono.  Dia juga yang membuat Igloo dan mengembangkannya menjadi SENAYAN. Nah …. teman-teman pasti ingat kalau mendengar nama  Igloo, karena kita tahun 2008 pernah latihan menginstall igloo bukan…?

SENAYAN yang saya bicarakan adalah sebuah aplikasi perpustakaan yang sebenarnya adalah pengembangan dari IGLOO. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, namun memang ini masalahnya. Aplikasi SENAYAN menggunakan database MySQL, sedangkan kita selama ini menggunakan CDS/ISIS.  Memang secara teknis adalah memungkinkan migrasi dari database CDS/ISIS ke MySQL. Akan tetapi rasanya tidak enak hati… templatenya PUSTAKA saja belum sepenuhnya diaplikasikan di UK/UPT masa sih sudah mau ganti lagi dengan aplikasi baru?…..

Tapi sebagai informasi awal rasanya tidak ada salahnya kalau saya mengenalkan sedikit yang saya tahu tentang SENAYAN ini dapat bekerja di bawah sistem operasi linux dan windows.  Aplikasi ini sifatnya OPEN SOURCE seperti halnya linux. Artinya dapat diperoleh dengan Free (gratis). Kita dapat mendownload, menambah atau mengurangi fitur-fitur yang ada.

Aplikasi ini mempunyai fitur 1) pencarian koleksi, 2) mengelola data bibliografi koleksi (entri, hapus dan  edit data), 3) keanggotaan, 4) sirkulasi dan yang lainnya dapat dilihat pada  gambat 1,2 dan 3.  Yang kurang dari aplikasi ini, belum ada BUKU TAMU.

Gambar di bawah Logo senayannya sudah diganti dengan logo lembaga PILI (Pusat Informasi Lingkungan Indonesia)

coba kita lihat beberapa tampilan SENAYAN ini.

Gambar 1.  Tampilan utama Senayan : Pencarian dan menu lainnya

Gambar 2. Menu setelah Pustakawan LOGIN

Gambar 3. menu Sirkulasi

2 Tanggapan

  1. Pa Eka

    Memang bagus juga program ini, tapi kita fokus dulu kalau udah oke semua UK/UPT baru kita ganti dengan program ini. Terima kasih

  2. trims info nya Pak Eka. Sebagai wacana dan penambah wawasan pustakawan agar kita makin tergerak untuk selalu kreatif dan invatif dalam mengelola perpustakaan tercinta🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: