Kebebasan Informasi Publik

eka kusmayadi

Kebebasan informasi publik merupakan hak asasi manusia, artinya semua orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh informasi yang dilaksanakan oleh lembaga publik. Aturan main mengenai kebebasan informasi publik ini ada dalam UU no 24 tahun 2008. Di lingkungan Kementerian Pertanian penjabaran undang-undang tersebut ada dalam Peraturan Menteri Pertanian no 32 tahun 2011. Di dalam Permentan tersebut dijelaskan bagaimana kelembagaan dan siapa pejabat yang mengelola informasi publik, jenis-jenis informasi apa saja di Kementerian Pertanian yang disebutkan sebagai informasi terbuka dan tertutup.

Kebebasan informasi publik ini sangat penting untuk diketahui oleh pustakawan karena masalah ini melibatkan semua unsur dalam lingkungan instansi pemerintah. Oleh karena itu untuk para pengelola informasi di lembaga pemerintah seperti pustakawan, arsiparis, kehumasan dan pejabat sangat perlu untuk memahami keberadaan Kebebasan Informasi Publik ini.

Menurut Bapak Joko Purwanto, Kabag Informasi Publik di  Biro Hukum dan Informasi Publik dalam acara Koordinasi Pengelola SIT lingkup Balitbang Pertanian di Hotel Haris Bandung, merujuk kepada UU no 24/2008 yang disebut informasi publik adalah informasi yang dihasilkan dengan menggunakan anggaran pemerintah atau  APBN, seperti hasil penelitian, RKAKL, laporan kegiatan dll. Namun tentu saja keberadaan undang-undang HAKI juga dapat digunakan sebagai instrumen Kebebasan Informasi Publik ini.

Beliau juga menyatakan bahwa untuk menunjang pekerjaan tersebut maka dukungan infrastruktur seperti scanner dengan kapasitas tinggi perlu disediakan. Menurut penulis alangkah baiknya apabila para pengelola informasi, seperti pejabata penelola informasi publik, pustakawan, arsparis dan pengelola jaringan dapat bekerja sama / berkoordinasi atau mungkin bekerja dalam satu wadah.

Anda dapat mempelajari masalah Kebebasan Informasi Publik tersebut dari website http://ppidkementan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: