SLIMs dan Konversi file ke SLIMs

Sebagaimana diketahui SLIMs adalah sebuah aplikasi perpustakaan yang menggunakan database MySQL.  MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris : data management system) atau DNMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL . Tidak seperti Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan cipta untuk code sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : david axmark, allan larsson, dan Michael “monthy widenius.

Kelebihan MySQL antara lain :

1. free (bebas didownload)

2. stabil dan tangguh

3. fleksibel dengan berbagai pemrograman

4. Security yang baik

5. dukungan dari banyak komunitas

6. kemudahan management database

7. mendukung transaksi

8. perkembangan software yang cukup cepat.

MySQL merupakan database yang menggunakan hubungan relasional. Relasi tersebut dibangun diantara tabel. Oleh karena itu untuk memudahkan dibaca oleh sistem, harus ada tabel transaksi antara kedua atau ketiga tabel yg direlasikan.

Berbeda dengan CDS/ISIS yang tidak menggunakan  relasional. Maka dalam CDS/ISIS semua data harus dientrikan, demikian juga untuk data yang sama, sehingga duplikasi dalam ruas sangat besar terjadi.  Contoh kata JAKARTA dalam penerbit, semua field penerbit yang berisis JAKARTA harus dientrikan berulang-ulang.

Gambar di bawah merupakan proses konversi dari MySQL ke Winisis dan sebaliknya. Pada Gambar 1, semua data yang ada di field dengan mudah masuk ke field2 yang ada dalam winisis. Sedangkan pada gambar 2, data harus dipilih2 untuk dimasukkan ke dalam field2 yang terpisah.


Oleh karena itu, untuk mengkonversi data dari MySQL ke CDS/ISIS relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan dari CDS/ISIS ke MySQL. Artinya konversi dari Senayan ke Winisis lebih mudah dibandingkan dari Winisis ke Senayan. Jadi kalau anda terlanjur sudah menggunakan Senayan tidak perlu khawatir untuk sewaktu-waktu akan memeindahkan ke winisis. Namun kalau anda sudah terlanjur bekerja dengan CDS/ISIS, maka anda akan kerja keras nantinya apabila menggunakan Senayan atau database sejenis MySQL.

Beberapa UPT perpustakaan lingkup Ditjen Peternakan sudah melakukan konversi database ke dalam SLIMs, diantara UPT tersebut ada yang sebelumnya menggunakan MsAcces (Bekasi), Winisis (BB Vet Maros), Excell (BB Vet Lampung), Aplikasi perpustakaan lain (Medan). Konversi dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

1. Dari Winisis

Terlebih dahuku dibuatkan file text yang berasal dari hasil print dengan format yang sudah disesuaikan dengan struktur data di SLIMs, yaitu tabel bibli, mst_author, dan mst_publisher. Selanjutnya dilakukan impor dari SLIMs dengan sumber file teks tersebut.

2. Dari Excell dan MsAccess

Terlebih dahulu dibuatkan file CSV dengan cara save as. Lalu file tersebut dijadikan sumber dalam proses import dengan SLIMs.

3. Aplikasi lain

Dari aplikasi dibuatkan teks file dengan cara mencetak database ke dalam bentuk file. Selanjutnya file tersebut dibuka dengan Excell, kemudian disesuaikan field2nya dengan struktur data untuk kebutuhan tabel bibli, author dan publisher. disave ke dalam bentu CSV dan diimportkan ke dalam masing-masing tabel.

Konversi yang sudah dilakukan tidak PLAK AND PLAY. Namun pengelola perpustakaan masih harus mengedit lagi dan mencocokan dengan data aslinya. Namun tentu saja pekerjaan menjadi lebih ringan karena judul, pengarang, penerbit, subjek, isban, edisi sudah bisa masuk ke dalam database SLIMs. Akan tetapi karena konsep database biasanya berbeda, maka kadang2 ada data yang salah masuk (kamar), misalnya pengarang yang seharusnya ada 3 field, hasil konversi menjadi satu field, akibatnya ada 3 pengarang sekaligus dalam satu field berjajar. Ini harus diedit terlebih dahulu pada tabel author. Tugas pengelola adalah mengedit ketiga tabel tersebut dan menambahkan informasi apabila ada yang masih kurang. data harga atau ITEM dalam SLIMs juga harus dilengkapi. Namun dengan KONVERSI KITA TIDAK MENJADI BEKERJA DARI NOL.  Editing dapat dilakukan sekaligus dengan menggunakan MANU BIBLIOGRAPHY pada LIBRARIAN LOGIN.

Bahan Bacaan

1. http://s3mrp.blogdetik.com/2009/11/04/macam-macam-dbms-database-managemen-system/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: