Instalasi dan Setting Senayan

Oleh Eka Kusmayadi

Disampaikan untuk peserta Pelatihan Diseminasi perpustakaan digital Badan Karantina Pertanian di BUT Bekasi

Untuk dapat menggunakan aplikasi perpustakaan senayan, kita memerlukan 1 buah file dan 2 buah folder, yaitu 1 file xampp dan 2 folder aplikasi senayan dan databasenya (senayandb).  Folder dan file tersebut dapat anda peroleh dari DVD yang dibagikan paniti

Langkah pertama yg harus dilakukan adalah instal Xampp dengan cara klik 2 kali pada file Xampp. Ikuti langkah standar yang diberikan. usahakan posisinya di c:// atau di d://.  Setelah selesai Xampp diinstal, kopikan folder senayan ke bawah folder htdocs yang ada di bawah folder Xampp. Selanjutnya kopikan folder senayandb ke bawah folder data dalam folder Mysql.  Folder senayan boleh diganti sesuai nama unit kerjanya, misalnya Sumbar.  Nama ini nanti yang akan dipanggil sewaktu akan mengaktifkan aplikasi perpustakaan.
Proses instalasi senayan sudah selasai, sekarang kita aktifkan aplikasi tersebut dengan cara :

1. masuk ke folder Xampp, cari file Xampp_start.exe, klik 2 kali sampai muncul dos yang mengaktifkan apache dan mysql,

2. lalu aktifkan internet browser, misalnya mozilla. pada alamat pemanggilan (URL) tuliskan localhost/Sumbar. Karena tadi senayan sudah diganti dengan nama folder Sumbar. Nama silakan diubah sesuai dengan nama UPTnya masing-masing.

3. Apabila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka akan muncul aplikasi Senayan. Baru sesudah muncul aplikasinya. Aplikasi terbagi 2, yaitu untuk pengguna dan untuk pengelola perpustakaan. Pada versi pengguna, anda dapat melakukan penelusuran informasi dan pengecekan aktifitas anggota. Sedangkan pada aplikasi pengelola perpustakaan, anda dapat melakukan pengubahan profil perpustakaan setiap UPT, menambah koleksi baru, perubahan sistem, keanggotaan  dsb.

Untuk dapat melakukan pengelolaan database dan sistem, maka pengelola harus masuk ke menu Librarian Login. Username dan password standardnya adalah admin dan admin. password tsb dapat diganti sesuai keinginan pengelola perpustakaan.

Pengelola dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pengelola yg dapat mengganti semua sistem disebut admin, dan ke-2, pengelola biasa yang ditentukan oleh admin dan dia hanya bisa mengelola database, tetapi tidak dapat mengubah-ubah sistem. Pengelola kedua ini tidak dibatasi jumlahnya. Sebagai contoh pengelola kedua ini fungsinya untuk mengentri data.

Editing Tampilan Website Perpustakaan

Senayan yang sudah diinstalkan di serverweb BUTTMKP masih dalam format standard. Untuk itu perlu dilakukan editing dan setting yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengelola

Pengelola sistem dapat diset menjadi 2 jenis, yaitu sebagai admin dan pengelola biasa. Perbedaannya terletak pada hak aksesnya. Admin mempunyai hak akses yang tinggi, sedangkan pengelola biasa terbatas.  Pengelola biasa dibuatkan oleh admin, misalnya untuk petugas yang diberi tugas untuk mengentri saja.  Pengelola biasa tidak bisa merubah tampilan, tapi seorang admin akan bisa.

2 Tanggapan

  1. I had to share this particular blog, “Instalasi dan Setting Senayan
    Forum Pustakawan Kementerian Pertanian” along with
    my friends on facebook .com. I reallyjust planned to
    distribute ur superb writing! Regards, Hollie

  2. Anwar M. Pustakawan Madya Balitsereal ingin bergabung di Forum Pustakawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: