Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Lingkup Barantan

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian pada hari Selasa 30 Oktober sd 1 Nopember 2012 telah mengadakan pelatihan untuk para fungsional dan calon fungsional. Pelatihan dibuka oleh Kepala Badan Karantina Pertanian, Ibu Ir Banun Harpini MSc. Pelatihan dilaksanakan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP) di Jl Raya kampung Utan-Setu Desa Mekar Wangi Cikarang Barat Bekasi.Pelatihan diikuti oelh 60 orang peserta dari perwakilan semua UPT lingkup Badan Karantina Pertanian dari mulai NAD sampai ke Papua.

Materi yang disampaikan terdiri atas Strategi dan etika penulisan ilmiah, Kerangka pemikiran penulisan artikel ilmiah, Kiat menulis artikel ilmiah di jurnal nasional, dan internasional, Optimalisasi pemanfaatan perpustakaan digital Kementerian Pertanian, Digitalisasi artkel ilmiah, Teknik fotografi ilmiah, Perpustakaan digital Karantina Pertanian, Etika komunikasi dalam layanan kepustakaan. Pelatihan dilakukan dengan metode teori dan praktek,, kerja kelompok. Narasumber berasal dari internal Badan Karantina Pertanian dan dari luar seperti Universitas Indonesia, Universitas Paramadina, Sekolah Tinggi Desain Inter Study dan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Menurut Kepala Bagian Hukum dan Humas Badan Karantina Pertanian, para pejabat fungsional di Barantan selama ini hanya memanfaatkan karya tulis sebagai kegiatan perolehan kredit point baru sekitar 5 % dari seluruh pejabat fungsional yang ada. Padahal karya tulis mempunyai nilai kredit yang cukup tinggi, 4-15 point, sehingga sangat disayangkan apabila hal tersebut tidak dimanfaatkan. Namun memang kendala kompetensi dari fungsional dalam hal kebiasaan menulis memang dirasa kurang. Oleh karena itu diharapkan pelatihan sejenis ini dapat membantu para pejabat fungsional untuk meningkatkan kemampuannya. Kegiatan semacam ini harus dilakukan secara berkesinambungan di waktu-waktu mendatang.

(ek)

Satu Tanggapan

  1. terimakasih atas informasinya,semoga memberikan banyak manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: