MENGKOMUNIKASIKAN KOMPUTER MELALUI JARINGAN LAN

Eka Kusmayadi

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

Jl Ir. H. Juanda no 20 Bogor

Pendahuluan

Perkembangan teknologi komputer yang semakin tinggi banyak menimbulkan dampak yang positif bagi pustakawan untuk memudahkan dalam pengelolaan dokumen.  Database koleksi yang menjadi kebutuhan dasar perpustakaan menjadi sangat penting untuk diperhatikan secara serius, karena keberadaan database tersebut akan menentukan kinerja sebuah perpustakaan.

Dengan memanfaatkan teknologi komputer, misalnya teknologi LAN, perpustakaan dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.  LAN atau Local Area Network adalah teknologi komputer yang memanfaatkan fungsi jaringan untuk meningkatkan kemampuan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dalam berkomunikasi.

Konfigurasi LAN

Konfigurasi jaringan komputer yang diterapkan di perpustakaan adalah sebagai berikut :

Gambar 1. Konfigurasi Jaringan Komputer di UK/UPT

Dengan menggunakan konfigurasi seperti pada Gambar 1, maka database hanya simpan di komputer server, seperti BUKU, IPTAN, MJLH, CARIS, PTTAN, CD-ROM, dan TAMU. Semua komputer yang ada hanya berfungsi sebagai pengakses terhadap informasi yang disiapkan dalam komputer server, apakah itu berupa database atau dalam bentuk folder-folder dari file-file html atau php.  Pengecualian adalah pada komputer pengolahan dan buku tamu. Pada komputer pengolahan dapat dibuat dua alternatif. Pertama semua yang ada dalam server terdapat dalam komputer pengolahan sama persis. Dalam keadaaan demikian komputer pengolahan dapat berfungsi sebagai backup server. Alternatif kedua adalah hanya data yang baru saja yang sama persis isinya dengan server. Pada alternatif kedua, komputer pengolahan hanya berfungsi sebagai tambahan data baru saja. Komputer Buku Tamu berfungsi sebagai entri data tamu ke database TAMU yang disimpan di server.

Beberapa istilah dalam jaringan

Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam mengelola jaringan adalah computer name, workgroup, share dan mapping. Keempat istilah tersebut perlu diketahui oleh orang yang akan mengelola jaringan perpustakaan.

Computer name adalah nama sebuah komputer. Setiap  komputer pasti mempunyai nama. Nama tersebut mempunyai defaultnya pada saat diinstal sistem operasinya (Windows Xp, 7 dsb). Namun nama tersebut dapat diganti oleh orang yang memilikinya atau mengelolanya.  Untuk mengetahui nama komputer  dapat dilihat dengan cara memasuki windows explorer, lalu sorot  Computer (pada windows7, pada windows Xp MyComputer) dan klik kanan mouse, pilih properties.

Kemudian akan muncul gambar berikut (pada windows7) :

Workgroup adalah kelompok kerja. Kelompok ini perlu dibangun dan workgroup yang sama hanya diisi oleh komputer-komputer yang ada dalam kelompok yang sama, misalnya satu subbidang satu workgroup atau satu bidang satu workgroup. Perpustakaan akan lebih baik satu workgroup sendiri, karena dalam workgroup perpustakaan terdapat komputer server, pengolahan yang mungkin lebih dari satu, buku tamu, komputer penelusuran yang mungkin juga lebiih dari satu komputer. Pada Komputer server yang sesungguhnya workgroup ini dapat diset dengan menggunakan password, sehingga hanya pengguna tertentu dapat memasuki jaringan. Ini adalah sistem keamanan jaringan yang pada windows7 atau xp tidak dapat dilakukan. Nama komputer sebaiknya disesuaikan dengan fungsi komputernya, misalnya server, pengolahan1, pengolahan2, tamu, penelusuran1, penelusuran2 dan seterusnya.

Untuk melihat workgroup sama persis caranya seperti melihat computer name.

Share adalah fasilitas dari windows untuk berbagi data dengan komputer lain. Yang dapat dishare adalah file atau folder file. Ciri sebuah folder sudah dishare adalah adanya gambar tangan pada sebuah folder. Pada windows xp share tidak bisa diset masalah keamanannya, namun pada windows7 sudah ada, tetapi yang paling lengkap ada pada windows server.

Mapping adalah fasilitas dari windows untuk mengeset sebuah folder yang sudah dishare supaya dapat dibaca oleh komputer lain melalui aplikasi atau software.  Kalau sharing dapat dilihat hanya oleh windows explorer, tetapi mapping selain dapat dilihat oleh explorer juga oleh aplikasi lain, misalnya kalau yang dishare folder opac, maka dengan winisis yang ada di komputer lain, folder opac yang ada di komputer server juga dapat dibaca dan dimanipulasi datanya, misalnya diedit, ditambah, dihapus dan sebagainyaSyarat sebuah folder dapat dimapping adalah folder tersebut harus sudah dishare.

Mapping pada workgroup perpustakaan dilakukan hanya pada komputer pengolahan, yaitu hanya untuk mengentri database yang ada dalam folder OPAC, yaitu  folder database BUKU, IPTAN, PTTAN, CARIS, CD-ROM dan MJLH. Pada komputer buku tamu dan penelusuran tidak perlu dilakukan mapping, kecuali kalau akan menggunakan winisis pada komputer penelusuran, misalnya karena jumlah komputer untuk pengolahan hanya satu buah dan terpaksa dilakukan dari komputer penelusuran.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mapping komputer server dari komputer pengolahan adalah sebagai berikut :

  1. Folder OPAC pada komputer server share terlebih dahulu,
  2. Lakukan mapping dari komputer pengolahan, yaitu :

Pada Windows XP

  • Masuk ke explorer
  • Pilih Tools, lalu pilih mapping, tentukan drivenya misalkan o
  • Lalu pilih Browse dan pilih nama komputer yang akan dimapping, kemudian pilih folder yang ada pada komputer tersebut.
  • Mapping selesai, pilih FINISH

7 Tanggapan

  1. terima kasih atas infromasi ang sudah disampaikan !

  2. izin berkunjung gan !

  3. infromasi menarik !
    salam kenla ja !🙂

  4. alhamdulillah informasinya sangat bermanfat semoga lebih kreatif lagi menuangkan ide kreativitasnya
    http://goo.gl/li8zw pengobatan tradisional tumor payudara

  5. Mohon tipsnya untuk Win7, karena selalu muncul missing file pada open Winisis. Haruskah saya ganti OS lagi Pak Eka?

  6. terimakasih atas informasi yang diberikan,semoga memberikan banyak manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: