Kunjungan Pustakawan ke GGPC

Dalam rangka kegiatan Rapat Kerja PUSTAKA, Pustakawan sebanyak 16 orang dan pegawai PUSTAKA berkunjung ke perusahaan berlevel internasional yang bergerak di bidang agro, yaitu The Great Giant Pineapple Company.  Perusahaan ini mengelola lahan 19.000 ha di Lampung Tengah dengan komoditas utama nenas (pineapple). Sampai dengan saat ini kapasitas produksi mencapai  510,000 ton nenas kaleng per tahun dan berencana akan dikembangkan menjadi 800.000 ton pada masa depan. Untuk mencapai target tersebut perusahaan berencana akan mengembangkannya di Kalimantan Barat. Produk perusahaan ini adalah nenas kaleng, jus dan daging sapi. Semua produk kalengannya diekspor ke luar negeri. Demikian menurut penjelasan dari wakil perusahaan, Drh Prabowo. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar di dunia ke 11 untuk komoditas nenas dan  dalam hal pengelolaan integrasi pertanian merupakan no  1 terbesar di dunia, suatu prestasi yang besar buat pertanian Indonesia.

 1  3  4
1. Buah di kebun

2. Pemanenan

3. Pengangkutan hasil panen

4. Produk Nenas kaleng

5. Peserta raker ikut panen

 5  2

Perusahaan ini menyerap tenaga kerja sekiar 15.000 orang. Penyerapan tenaga kerja yang cukup tinggi untuk mensejahterakan masyarakat. Perusahaan ini mengintegrasikan komoditas nenas dengan penggemukkan sapi potong. Buah nenas diolah menjadi buah dalam kaleng, sisa hasil nenas diperas menjadi jus dan sisanya perasannya dibuat pakan sapi potong.  Kotoran sapi dikembalikan ke tanah yang sebelumnya diolah menjadi kompos dan digunakan sebagai pupuk nenas.

Untuk keperluan konservasi lahan dan air, perusahaan menanam pohon bambu dan ada sekitar 46 jenis bambu yang ditanam di kebun nenas. Untuk keperluan pakan ternak, perusahaan juga mengembangkan tanaman cassava (ubi kayu), yang selain dikelola perusahaan juga bekerjasama dengan petani di sekitar lokasi perusahaan. Suatu sistem kemitraan yang menguntungkan buat petani dan masyarakat.

(Red:ek)

4 Tanggapan

  1. terimakasih atas informasinya

  2. semoga makin sukses
    dan menjadi lebih berilmu

  3. semoga semakin sukses pak…blog nya sangat bermanfaat dan bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: