Seminar Pengaruh dan Dampak Biota di Perpustakaan.

Seminar dibuka oleh Ketua panitia Dra Sri Sumekar M.Si.  Seminar dihadiri oleh 100 orang peserta, pejabat struktural di lingkungan Perpusnas dan narasumber dari IPB, UI dan Kementerian Kesehatan. Seminar dibuka oleh Kepala Perpusnas yang diwakili oleh Deputi Bidang Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Ibu Dra Hj Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib. Peserta berasal dari berbagai jenis perpustakaan yang ada di Jabodetabek dan  2 dari daerah yaitu Bapusda Tanjung Pinang dan Jambi.

IMG_20130523_091357 IMG_20130523_095133
IMG_20130523_132308 IMG_20130523_152004

Dalam arahannya Kepala Perpusnas menyampaikan bahwa bencana dapat terjadi kapan saja. Berdasarkan UU no 24/2007 dinyatakan bahwa wilayah Indonesia sangat memungkinkan terjadinya bencana. Oleh karena itu perlu adanya kebijakan strategis untuk menanggulangi masalah tersebut, baik yang sifatnya preventif maupun penyelamatan. Dalam menindaklanjuti hal tersebut Perpusnas melakukan koordinasi dengan lembaga terkait, baik sektor pemerintah, swasta maupun perorangan. Perpusnas telah membuat kebijakan strategis dengan membentuk Tim penanggulangan bencana, Penyediaan SDM, Penyusunan pedoman dan standar dan Sosialisasi. Perpusnas juga menghimbau agar seluruh perpustakaan juga membuat langkah-langkah strategis dalam penanggungan bencana tersebut.

Dari paparan narasumber dapat disimpulkan bahwa bencana di perpustakaan adalah  dalam bentuk kerusakan koleksi perpustakaan dapat disebabkan oleh faktor iklim, manusia dan biota seperti serangga, tikus, tungau dan jamur.  Kerusakan oleh biota ini juga akan sangat besar dampaknya. Oleh karena itu kegiatan preventif dengan memotong kondisi lingkungan yang disukai oleh biota ini harus dilakukan secara berkelanjutan, misalnya dengan pengaturan cahaya, ruang koleksi yang bersih dan perlakuan menggunakan bahan kimia secara berkala.  Untuk koleksi yang sudah terkena dampak, maka perlu dilakukan perbaikan koleksi dalam bentuk laminasi, deasidifikasi, penambalan dan penjilidan.

Materi m1, m2, m3

Satu Tanggapan

  1. terimakasih atas informasinya, dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: