Kunjungan ke Pusat Informasi Kompas dan Metro TV

Oleh : Sri Harningsih (BBP Mekanisasi Pertanian)

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan database informasi dan perpustakaan Badan Litbang Pertanian telah dilakukan studi banding atau kunjungan ke Pusat Informasi Kompas dan Metro TV pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2013. Peserta yang mengikuti kunjungan tersebut adalah Kepala Bidang KSPHP dan penganggung jawab bidang data dan informasi Pusat, Puslitbang, Balai Besar Lingkup Badan Litbang Pertanian serta BPATP.

Pusat Informasi Kompas merupakan pusat informasi yang dimanfaatkan oleh pengguna  kompas baik dari internal, seperti wartawan, pegawai kompas maupun ekternal, seperti mahasiswa, politisi, budayawan, ekonom dan sebagainya. Salah satu outputnya adalah Paket informasi, yang merupakan kumpulan artikel atau berita pilihan dan bersumber dari pemberitaan Kompas sejak tahun 1965 – 2013. Melalui penelusuran dan pengemasan yang dilakukan oleh Tim Pusat Informasi Kompas, Paket  Informasi menjadi sebuah sumber informasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan penggunannya. Paket Informasi Kompas (PIK) merupakan layanan penelusuran informasi dan hasil pengemasan. PIK  menyediakan paket informasi sesuai bentuk topik tertentu berdasarkan permintaan pengguna. Adapun PIK dapat diperoleh dalam bentuk hardcopy maupun  softcopy (CD). Perpustakaan mempunyai koleksi PIK sekitar 70.000 judul yang mencakup berbagai bidang diantaranya : politik, ekonomi, sosiologi, kesehatan, sejarah, jurnalisme, biografi, dan statistik (daerah dalam angka). Koleksi perpustakaan selain dalam bentuk buku, juga memiliki koleksi yang lain berupa CD,VCD, mikrofis, microfilm dan peta. Litbang Kompas terdiri atas Pusat Informasi Kompas (Arsip Dokumen, Akuisisi, dan Layanan Peneliti) dan Pusat Penelitian Kompas (Sosial Budaya & Politik, Kompas Media dan Database)

Metro TV dan Media Indonesia mempunyai tujuan untuk meningkatkan kecepatan, bobot dan variasi informasi yang dihadirkan.  Rencana ke depan Metro TV dan Media Indonesia akan menjadi 1 portal. Kegiatan yang dilakukan Metro TV antara lain : pelayanan, transfer data dan olah media. Kegiatan transfer data yang selama ini dilakukan oleh tim khusus untuk memback up kegiatan/ keberlangsungan acara tv. Back up berupa CV/DVD yang sekaligus digunakan untuk bukti pelaporan kegiatan dan dokumentasi. selama ini untuk kegiatan olah media disesuaikan berdasarkan prioritas. Kegiatan ini membutuhkan waktu yang lama sampai 80 tahunan jika semua sudah alih media, kaset menjadi digital. Untuk itu subjek mana yang akan di alih mediakan lebih dahulu ditentukan oleh tim pengambil kebijakan. Jika kegiatan alih media dari kaset menjadi digital sudah selesai maka kaset tersebut di kumpulkan menjadi satu subjek dalam satu kardus yang sudah di tandai, kemudian tim alih media menyerahkan ke pihak gudang dan untuk selanjutnya di musnahkan sesuai aturan yang ada.

2 1 5
 4  3  6
 8  9

7 Tanggapan

  1. nice website, read permissions read

  2. Nice info. Pusat Informasi memang sanggat penting mengingat cepatnya alur informasi berjalan saat ini di seluruh dunia.

  3. terimakasih banyak infonya.

  4. info yang sangat menarik terimakasih

  5. menarik sekali informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: