Seminar dan Workshop Pemasyarakatan Perencanaan Menghadapi Bencana dan Sosialisasi Pedoman Teknis Preservasi Bahan Perpustakaan

20150527_100537

Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Preservasi PNRI, Ibu Sri Sumekar. Kegiatan workshop ini dilaksanakan dua hari,  27 dan 28 Mei 2015 di Auditorium PNRI, Jl Salemba Raya No. 28A Jakarata Pusat. Diikuti oleh peserta sebanyak 200 orang dari berbagai jenis perpustakaan seluruh Indonesia, seperti BPAD, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus kementerian, perpustakaan masyarakat/LSM.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pedoman teknis dalam bidang preservasi bahan pustaka, membangun kesadaran pustakawan akan pentingnya informasi bencana dan memberikan wawasan pustakawan mengidentifikasi bencana dengan memberikan literasi bencana.

Narasumber berasal dari Perpusnas, LIPI, UNPAD dan BNPB. Materi yang disampaikan terdiri atas 1) Kebijakan Perpusnas dalam Menghadapi Bencana (Drs Sri Sumekar, M.Si.), 2) Perencanaan menghadapi Bencana (BNPB), 3) Pengenalan Sumber-sumber Bencana dalam rangka PRB untuk Instansi Pemerintah (Dr. Haryadi Permana), 4) Literasi Bencana (Dr. Hj. Ninis A.D.), 5) Pembasmian Serangga dan Biota/ Konservasi Kuratif Bahan Perpustakaan (M. Ayu Wirayati, M.Ikom), 6) Penjilidan Bahan Perpustakaan (Indah Purwani, S.Sos), 7) Pedoman Teknis Reproduksi Foto (Abdul Wahid, S.Kom), 8) Pedoman Perawatan dan Pemeliharaan Mikrofilm (Jamiat, S.Sos) dan 9) Pembuatan e-book dan standar Alih Media (Tuty Hendrawaty, M.TI).

 

20150528_091324Ibu Ayu sedang menjelaskan pengenalan kerusakan koleksi oleh serangga dan pembasmiannya

Kesimpulan

Pustakawan harus memahami bencana yang dapat merusak koleksi perpustakaan. Dengan demikian, maka upaya Pra Bencana, saat Bencana dan Pasca Bencana harus dapat dikenali dengan baik oleh seorang pustakawan. Upaya tersebut perlu dilakukan terhadap gedung, koleksi, staf perpustakaan, pemustaka, dan upaya kerjasamanya.

untuk yang berminat mendapatkan materi di atas dapat menghubungi pustakawan_deptan@yahoo.com

IMG-20150529-WA0008Peserta dari Kementerian Pertanian yang hadir dalam acara workshop

    (Ek)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: