Pengamanan data pada database Winisis

Pendahuluan

Backup data tidak hanya berguna bagi sebuah perusahaan besar, tetapi backup juga berguna bagi pengguna komputer secara pribadi. Jika perusahaan membutuhkan backup atas data perusahaan seperti data transaksi, laporan keuangan, data pelanggan dan database lainnya maka perorangan pengguna komputer membutuhkan backup atas data-datanya yang penting seperti data skripsi / surat menyurat yang biasanya dalam format MS Office, data email (jika banyak melakukan korespondensi email).

Backup ibarat asuransi, yang dapat menghemat waktu, biaya bahkan berfungsi layaknya seperti SDB (Safe deposit box) yang dapat menyimpan data anda yang berharga dan tidak tergantikan seperti foto pernikahan, foto dengan pacar lama (masa karena lupa backup dan fotonya terhapus harus pacaran lagi supaya bisa dapatkan foto dengan pacar lama ? :P).

Data dapat hilang karena beberapa sebab, antara lain karena kerusakan hardware, human error (salah hapus, salah format dan lainnya), kerusakan software, virus dan bencana alam / force majeur.

Backup data pada Winisis

Semua jenis software dapat dibuatkan cara membackup datanya. Demikian pula pada CDS/ISIS baik yang berformat DOS ataupun Windows / Winisis. Cara membackup file data pada CDS/ISIS ada 2 cara, yaitu dengan mengkopikan seluruh file databasenya dan mengekspor isi databasenya saja.

  1. Backup Database

Untuk membackup database kita dapat menggunakan fasilitas windows explorer dan memindahkan folder OPAC ke dalam flashdish atau CD-ROM. Caranya :

· klik pada folder OPAC,

· kemudian klik mouse sebelah kanan,

· Pilih send to, pilih Nama Flashdisk,

· Simpan flashdish tersebut ditempat aman (lihat gambar

di bawah, dalam contoh ini file disimpan pada Eka di drive F:)

aman1

aman21

  1. Ekspor File Database

Dengan cara ini kita melakukan pemindahan isi file dari setiap database. Artinya struktur datanya tidak kita pindahkan. Keuntungan cara ini ruang yang diperlukan untuk membackup data menjadi lebih sedikit. File hasil ekspornya disimpan dalam bentuk file ISO, sehingga apabila kita akan memindahkannya kembali harus ada databasenya dan kemudian di IMPORT kan. Langkah yang harus dilakukan adalah :

Aktifkan Winisis,

Buka database misalnya BUKU, pilih OPEN c:/OPAC/BUKU,

Pilih Database, kemudian pilih EXPORT,

Pada kotak isian pilih lokasi file yang disimpan, misalkan F:/ , kemudian Beri nama file, misalnya BUKU09.ISO, artinya backup database BUKU tahun 2009. selanjutnya

Pilih OK.

Simpan baik-baik flashdisk tersebut untuk digunakan apabila sewaktu-waktu data di hardisk komputer hilang atau rusak.

aman3

aman4

aman5

Backup Data Murah Meriah

Karena varian virus baru selalu bermunculan dan membutuhkan waktu untuk terdeteksi antivirus, secara teknis seorang pengguna komputer selalu terancam oleh serangan virus baru, bagaimana cara melindungi komputer dari serangan tersebut sehingga data di komputer aman ? Jawabannya sederhana dan tidak mahal, dan bukan menggunakan antivirus atau aplikasi sekuriti lain lain. Melainkan Backup…. Backup… dan Backup.

Backup adalah solusi yang murah meriah dalam menghadapi ancaman kehilangan data. Terlebih lagi, backup dapat melindungi pemilik data bukan hanya dari ancaman dihancurkan oleh virus tetapi juga dari ancaman lain seperti kerusakan hardware / harddisk maupun software seperti salah format (percayalah hal ini sering terjadi) atau hapus, ada juga ancaman lebih parah seperti pencurian, banjir, kebakaran ataupun forcemajeur (kejadian tak terduga) lainnya.

Mengatakan lebih mudah dari menjalankan, begitulah kata pepatah. Masalah utama backup bukanlah pada kerumitan atau kesulitan menjalankan aplikasi backup TETAPI pada kedisiplinan melakukan backup data ini. Backup yang baik adalah backup yang dilakukan secara teratur pada media yang terpisah, terverifikasi dan terlindung dengan baik.

Jika anda bekerja pada perushaan besar dengan database yang krusial kemungkinan anda sudah familiar dengan media backup yang mahal seperti tape backup, SAN server atau backup server lainnya. Sekalipun sudah dilengkapi dengan media backup yang handal dan mahal, penulis pernah mengalami kasus dimana data yang dibackup secara teratur setiap hari pada tape backup ternyata tidak bisa direstore pada saat dibutuhkan, ternyata dukungan hardware backup mahal dan canggih tidak cukup jika proses verifikasi tidak dilakukan.

Untuk backup data personal, belajar dari pengalaman di atas, hardware dan media backup yang mahal atau canggih tidak menjadi syarat utama. Bahkan para pengguna komputer yang memiliki CD / DVD Writer sudah memiliki sarana media backup yang cukup handal dan ekonomis (hampir semua PC atau notebook baru sekarang minimal memiliki kemampuan CD Writer dan beberapa notebook high end memiliki kemampuan DVD Writer).

Dengan CD R backup dapat dilakukan sampai dengan 400 MB dan dengan DVD R dapat melakukan backup data sampai dengan 4.7 GB per keping CD / DVD yang harganya berkisar dari Rp. 3.000,- s/d Rp. 10.000,- per keping.

Perlu anda ketahui CD / DVD R memiliki karakteristik WORM Write Once Read Many, artinya anda dapat menulis data hanya 1 kali ke CD/DVD R dan tidak dapat diubah-ubah lagi sebaliknya data tersebut dapat dibaca berulang-ulang. Berbeda dengan harddisk yang dapat ditulis dan dibaca berulang-ulang.

Sebenarnya karakteristik WORM ini memiliki keunggulan dimana data yang telah anda backup tidak dapat dihancurkan secara software, manfaat ini terasa ketika komputer anda terinfeksi virus yang berusaha mengubah data MS Office komputer korbannya, data di harddisk akan berhasil diubah oleh virus namun dijamin data anda di CD/DVD R tidak akan mampu di delete oleh virus (asalkan anda jangan membackup data bervirus yang akan menjadikan virus tersebut tidak dapat dibersihkan dan satu-satunya cara menghancurkan virus di CD/DVD R adalah dengan menghancurkan keping CD/DVD tersebut). Jika anda ingin keping CD/DVD yang memiliki fleksibilitas seperti harddisk anda dapat memilih menggunakan CD / DVD RW.


Backup Data Murah Meriah lainnya

Apakah backup dengan CD/DVD merupakan solusi murah dan aman apakah ada solusi lain ? Dibandingkan dengan backup dengan harddisk atau flashdisk, backup dengan CD/DVD dapat dikatakan lebih aman karena sifat WORM (Write Once Read Many) tersebut dan jelas lebih murah jika dibandingkan dengan flashdisk.

Jika anda memiliki koneksi internet broadband unlimited, ada satu perkembangan menarik dari internet yang seolah tidak berhenti memberikan kejutan, yaitu Online Backup. Coba anda jalan-jalan ke http://www.idrive.com yang menjanjikan 2 GB Gratis ruang backup dan http://www.mediamax. com yang menjanjikan 25 GB Gratis ruang backup dengan pembatasan pada ukuran file upload maksimal 10 MB dan 1 GB kuota download. Untuk gratisan rasanya fasilitas ini dapat dikatakan sangat murah hati.

Jadi metode backup mana yang anda pilih ? Keputusan terserah kepada anda tetapi yang terpenting adalah … Lakukan Sekarang !!! Backup….backup. …backup.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: