Pembangunan Perpustakaan Digital di ….

Latar belakang dan Kondisi Perpustakaan sekarang

Pembangunan sistem perpustakaan digital di Departemen Pertanian bertujuan untuk a) memenuhi Kepmentan no. 433/Kpts/ HM.160/9/2003 sebagai Pusat Deposit Publikasi di Departemen Pertanian, b) mempermudah dan mempercepat proses temu balik informasi dan c) mempermudah proses pertukaran dan pengiriman informasi (information exchange) antar instansi yang membutuhkan informasi tersebut, terutama lingkup Departemen Pertanian. Unsur-unsur yang sedang dipersiapkan dalam pembangunan adalah perangkat keras, perangkat lunak, sumberdaya manusia, data dan prosedurnya (SOP).

Perlunya Keseragaman (Standarisasi)

Keseragaman perlu diperhatikan dalam membangun sistem yang terintegrasi. Oleh karena itu keseragaman dibuat dalam hal struktur data, software, hardware dan prosedur.

Peluang Pengembangan

Di lingkungan Departemen Pertanian, khususnya Balitbang Pertanian pengadaan komputer hampir setiap tahun dilakukan. Namun pemanfaatan dari teknologi tersebut nampaknya masih belum optimal. Komputer baru digunakan sebagai alat ketik untuk kebutuhan pembuatan laporan saja. Oleh karena itu terdapat beberapa peluang untuk mempercepat pembangunan, yaitu arsitektur teknologi yang menunjang pembangunan perpustakaan digital, mengintegrasikan komputer yang sudah ada di beberapa ruang kerja terutama untuk para peneliti, pengkaji dan penyuluh dan perlu dilakukan pelatihan potensi kinerja sarana teknologi informasi.

Kebutuhan Software

Software yang diperlukan dapat dikelompokkan atas 2 teknik pengaksesan, yaitu : a) untuk kebutuhan akses lokal (intranet), yaitu winisis, bibliotheca dan adobe reader, serta b) untuk akses melalui internet yaitu igloo dan adobe reader.

Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek pembangunan perpustakaan digital adalah a) dapat mengakses Jurnal Elektronis (ProQuest, Science Direct, dll) dan b) terkelolanya sistem informasi perpustakaan di UK/UPT terutama data hasil penelitian UK/UPT melalui pemanfaatan database offline.

Dengan demikian diharapkan pengguna dapat MUDAH & CEPAT memperoleh informasi penelitian dari dalam dan luar negeri

Tujuan Jangka Menengah

Tujuan jangka menengahnya adalah meningkatnya Information Sharing dengan lembaga Dunia (FAO, FFTC, AGLINET dsb), terkelolanya informasi dari UK/UPT Badan Litbang Pertanian (Pustaka Data Center), terbangunnya database INDONESIANA dan terbangunnya Information Sharing Lingkup Litbang Pertanian

Pengelolaan basis data perpustakaan

Dalam pembangunan perpustakaan digital kegiatan yang perlu dilakukan adalah a) alih media dan konversi media informasi/ koleksi, b) menerapkan aplikasi Perpustakaan dan c) mengembangkan jaringan. Sebelumnya alih media dilakukan dengan cara menscan koleksi lembar demi lembar. Untuk ke depannya, harus diupayakan adanya Pengelolaan arsip koleksi publikasi berbetuk softcopy serta penyediaan file PDF menjadi lebih mudah (Konversi format file).

Penulis adalah pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Jl Ir H Juanda no 20 Bogor

10 Tanggapan

  1. Salam Pak Eka,
    Pak saya dari BBRPBL Gondol salah satu peserta kunjungan kemarin tgl 26 26 Feb, Oh ya Pak saya saat ini da dapat mendownload Igloo 6.0 yang satu bundel pada Kopi manis, tapi masalahnya saya belum bisa mengoperasikannya, bisa saya minta tolong sama bapak untuk bisa ngejelasin langkah2 pemakaiannya, oh ya satu lagi saya kemarin pesan OPAC apa sudah dikirimkan ??

  2. ya bu nanti saya coba pasangkan tentang operasional instal igloo. mengenai opac kalau tdk salah kan peserta dari depok akan ke Pustaka untuk mengkopi ya? kemudian nanti akan dikirimkan peserta tsb. namun sd hari ini yg dari depok belum datang lagi ke PUSTAKA.
    tapi nanti saya coba attacmentkan di blog ini walau mungkin hanya buku dan iptannya saja.karena kalau semua lumayan besar bu ukuran filenya.

  3. Terima kasih Pak, maaf pak ya saya masih sangat awan dengan program ini, Oh ya kemarin Bu Ade (dari Depok ) bilang ke saya sekitar tanggal 10 Feb baru ke Pustaka . sekali lagi terima kasih atas bantuan Bapak.

  4. sama-sama bu. Yang penting dapat bermanfat itu sudah lebih dari cukup

  5. Salam pak Eka, pak kemarin saya dapat program Buku Tamu dari Pustaka, dan saya coba jalankan ternyata bisa, namun saat keluar ada tampilan menayakan password, bisa ga saya tahu password dari program tersebut, bisa di e-mail ke imasgond@yahoo.com. terima kasih banyak

  6. Pa” Eka yang baik untuk mendownload jurnal masih ngadat kadang-kadang mau terbuka kadang-kadang tidak, tapi sekarang sudah pake speedy, untung juga wapres ke maros liat perpustakaannya kita yang lambat diakses.

  7. ya bu tolong dong diceritakan tentang hasil kunjungan wapres di balitsereal maros pada tulisan optimalisasi kinerja perpustakaan ( tulisan saya yg paling baru). mungkin teman-teman ada yang belum tahu. Kenapa Kabaan terus2an desak supaya perpustakaan digital cepet jadi

  8. Selamat siang.
    Saya sedang melakukan pkl membuat SI peminjaman buku di perpustakaan yang sudah menggunakan data base ISIS. Saya ingin membuat SI tersebut menggunakan vb, tapi saya bingung cara mengkoneksikan ke dB ISIS. Apakah anda bisa bantu saya..?

  9. kita harus mendeklarasikan terlebih dahulu code isisnya di VB untuk menyediakan variabel yang nanti akan masuk ke isisnya. Justru codingnya itu kesulitannya…

  10. SOP publikasi perpustakaan melalui website…. contohnya. dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: